Awan

Sekian banyak orang saya temui, saya selalu kagum dengan mereka yang mimpi dan aspirasinya mengawan.

Mereka menghabiskan waktunya untuk bekerja memperjuangkan idenya dan tak segan merayakan pencapaian mereka dengan cara yang mereka suka, semata-mata untuk memantik mereka supaya bekerja lebih keras lagi.

Mereka tahu bahwa diri mereka layak dan itu sama sekali tak apa–setiap orang harus mampu menghargai kelayakan dirinya masing-masing dengan caranya masing-masing.

Banyak orang tak paham ini dan lebih memilih menjadi peragu. Mereka mengkritik semua hal yang mereka tak suka, dan sialnya, mereka memang tak pernah suka akan semua hal: keberhasilan orang lain, sikap, cara bertutur, dan hal-hal lain yang sama sekali tak substansial demi untuk memuaskan hasratnya bahwa ia sudah menjadi manusia yang lebih baik daripada orang yang selalu ia nilai keburukannya.

Ini pun sia-sia.

Saya jatuh rasa pada teman-teman saya yang tak segan menghargai dirinya sendiri. Orang yang sibuk berusaha harus melupakan picik dan iri hatinya sendiri. Ia harus bergegas kembali bekerja meski hanya setelah berhenti beberapa detik untuk mengukur nilai dirinya terhadap orang lain.

Karena kita hidup untuk berlomba-lomba mengubah dunia, bukan untuk disibukkan mengubah pandangan subjektif orang lain terhadap diri kita yang sesungguhnya sama sekali tak mahal harganya sehingga tak berharga untuk dikejar.

Maka, jika suatu saat kamu tak sengaja berdiri tegak di antara kerumunan yang selalu memicingkan mata ke samping, tetaplah berdiri tegak. Ingatlah pesan ini.

Karena mereka yang terus sibuk melihat ke samping melupakan nilai dirinya sendiri.

Ia lebih mengetahui tentang betapa mahalnya nilai dirimu, nilai yang kamu tentukan sendiri dari bagaimana binar matamu memandang dirimu.

1 thought on “Awan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s