Ditangkap karena menagih janji

14 Maret 2015 – Sembilan orang demonstran terpaksa pasrah diseret ke Polres Metro Jakarta Pusat karena melaksanakan aksi di depan Istana Negara. Mereka adalah sekelompok tukang becak dan korban penggusuran di DKI Jakarta. Mereka datang ke Istana Negara untuk menagih janji.

20160314_120917Sembilan orang peserta aksi menagih janji Jokowi dan tim pengacara LBH Jakarta di Polres Metro Jakarta Pusat 

Di tahun 2012 dan 2014, mereka adalah orang-orang yang membantu kampanye Jokowi agar dapat terpilih menjadi Gubernur DKI dan Presiden RI. Kala itu, ketika banyak masyarakat di sekitar mereka disogok oleh para calo politik untuk memilih salah seorang calon, mereka justru menolak uang tersebut dan malah menyisihkan uang tabungan mereka yang sudah sedikit demi menyukseskan kampanye Jokowi.

Mereka sempat menyerahkan langsung tabungan mereka tersebut langsung kepada Jokowi. Jokowi sempat berkata dengan terharu bahwa ia akan “mengembalikan sumbangan masyarakat miskin kota untuk dirinya dengan membuat kebijakan yang pro masyarakat miskin jika terpilih.”

Jokowi kemudian benar-benar terpilih, tetapi janji tinggal janji.  Mereka justru menjadi korban penindasan.

Warung kecil mereka digusur dan becak yang menjadi sumber mata pencaharian mereka dihancurkan oleh Satpol PP. Bahkan, bertepatan dengan hari pelaksanaan aksi, becak seorang sahabat mereka ditabrak dengan mobil dinas Satpol PP. Teman mereka luka-luka.

Di salah satu ruangan sempit Polres Metro Jakarta Pusat, sambil diinterogasi oleh polisi mereka dengan lemas berkata,”saya cuma mau ajak Pak Jokowi ketemu untuk ingat janjinya kepada kami.”

Meski akhirnya dibebaskan oleh LBH Jakarta, mereka pulang dengan tangan hampa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s