Filep Karma

15 Januari 2016 – Bapak Filep Karma. Ia memimpin “upacara berdarah” pengibaran bendera Papua Barat pada bulan Juli tahun 1998. Ratusan orang Papua yang ikut serta dalam upacara tersebut ditembak secara membabi buta oleh polisi dan militer, padahal tak ada satupun orang Papua melakukan perlawanan. Mayat bergelimpangan.

Tak ada satupun aparat penegak hukum yang menerima sanksi hukum akibat penembakan liar tersebut.

Filep Karma kemudian ditangkap. Selama menempuh proses hukum, ia disiksa di tahanan. Pada proses persidangan, ia sempat dihujat oleh hakim bahwa “Tuhannya sudah mati” dan “ia bisa ditembak kapan saja oleh hakim kalau melawan”. Seluruh anggota tim pengacara yang membela dirinya pada persidangan tersebut, termasuk dirinya, dikirimi bangkai anjing yang disertai dengan pesan ancaman.

Ia dipenjara tanpa proses hukum yang adil. Beberapa kali ia ingin diberikan pengampunan oleh Presiden, mulai dari Gus Dur hingga Jokowi, tetapi ia tolak dengan tegas. Ia memperjuangkan apa yang ia yakini benar. Ia akhirnya bebas pada tahun 2015.

Ini negara kita. Negara yang memperlakukan orang-orang yang berbeda, orang-orang yang membela mereka yang tertindas, dan orang-orang yang terpinggirkan, dengan sewenang-wenang.

IMG_20160320_012934
Kunjungan Filep Karma ke kantor saya di LBH Jakarta. Ia memberikan sebungkus nasi uduk kepada saya sambil bercanda.

Di tengah kunjungannya ke LBH Jakarta, ia masih bercanda,”ini nasi uduk dan ayam goreng untuk Bung (red. saya) karena sudah dipukul Polisi dan Satpol PP sewaktu membela korban penggusuran paksa.” Ia kemudian tertawa.

Hatinya lembut. Saya tahu itu.

Saya tahu itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s